Mon. May 23rd, 2022

Jika Anda berencana membeli mobil dalam waktu dekat dan sudah memiliki uangnya, maka lebih baik beli mobil kredit atau tunai ya? Kedua pilihan ini biasa ditawarkan setiap kali melakukan transaksi pembelian mobil.

Banyak yang beranggapan jika membeli mobil secara tunai lebih menguntungkan jika uangnya memang sudah terkumpul. Tetapi sebenarnya adaloh keuntungan membeli mobil dengan kredit. Apa saja itu? Simak berikut ini:

1. Bisa langsung memiliki mobil walau dana terbatas

Menabung untuk membeli mobil secara tunai mungkin bisa memakan waktu sangat lama bagi sebagian orang. Apalagi jika Anda kesulitan menyisihkan dana karena keterbatasan sumber pemasukan. Padahal kebutuhan akan kendaraan mobil sudah sangat sangat dibutuhkan. Dengan kredit mobil, Anda cukup membayar down payment (DP), menyerahkan dokumen yang diperlukan, serta menandatangani surat perjanjian kredit, dan mobil pun siap Anda bawa pulang.

2. Bisa Dicicil

Dibandingkan pengeluaran sangat besar dalam satu waktu (lump sum), Anda bisa menyebar pengeluaran itu menjadi sekian bulan selama sekian tahun. Secara psikologis, cara ini menjanjikan kenyamanan karena terasa ringan.

3. Masih ada uang tunai yang bisa kita putar

Katakanlah Anda punya tabungan Rp 30 juta, lalu mengambil fasilitas kredit mobil dengan DP Rp 15 juta dan bunga sebesar 2,75 persen. Jika Anda memilih menginvestasikan sisa uang yang Anda miliki ke instrumen investasi yang memiliki potensi imbal balik sebesar 6 persen, maka keuntungan tersebut bisa menggantikan beban bunga dari pinjaman kredit mobil tersebut.

4. Anda bisa meningkatkan skor kredit

Ketika Anda mengambil fasilitas kredit maka Bank Indonesia akan memberikan skor atas kelancaran pelunasannya atau disebut skor kredit. Semakin lancar pelunasan, semakin baik skor kredit yang Anda miliki. Jika kelak nantinya Anda berniat membeli rumah dengan KPR, atau mengambil fasilitas kredit lainnya, bank atau perusahaan leasing akan menilai kemampuan Anda melunasi hutang dari skor kredit tersebut.

5. Bisa menikmati insentif dari pemerintah

Untuk menggenjot industri otomotif, pemerintah terkadang memberikan beragam insentif menarik bagi mereka yang membeli mobil secara kredit. Salah satunya, relaksasi DP sebagai peraturan turunan dari relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), yang mulai diterapkan pada 1 Maret 2021.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika Anda membeli mobil baru secara kredit. Harga mobil baru juga tentunya lebih mahal dibandingkan mobil bekas, sehingga jika tabungan Anda belum mencukupi akan sangat baik jika mengambil pembiayaan kredit. Anda bisa mendapatkan pembiayaan mobil baru secara kredit dengan SEVA.

SEVA merupakan platform dari PT Astra Auto Digital yang memberikan layanan finansial kepada para pelanggan agar dapat membeli mobil baru melalui berbagai macam pilihan produk paket pembelian kualitas Astra Finansial. Yang menarik dari SEVA adalah, pelanggan dapat membeli mobil baru sesuai dengan kemampuan finansial, karena terdapat fitur yang bisa membantu para pelanggan untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial terlebih dahulu. Keunggulan lainnya adalah layanan online yang praktis dan nyaman untuk pelanggan.

Adanya fitur tadi akan memberikan kenyamanan finansial yang lebih bagi para pelanggan di masa mendatang sampai kendaraan yang dibeli dapat sepenuhnya dimiliki.Pelanggan juga dapat menghitung pembiayaan dengan kalkulator simulasi pembiayaan agar dapat memilih secara bijaksana.

Tidak perlu ragu lagi membeli mobil baru dengan cara kredit, gunakan fitur menarik dari SEVA agar pembiayaan kredit mobil menjadi lebih nyaman secara finansial.

By Ralline