Mon. May 23rd, 2022

Keyboard dan Mouse Minimalis untuk Kebutuhan Harian Gaming Kalian

Kali ini kita akan membahas satu keyboard yang bisa mempercantik setup game kalian, apalagi kalau bukan Digital Alliance Meca 6. Bukan hanya itu, tetapi juga akan disandingkan dengan mouse-nya juga.

Harga keyboard Meca 6 ini ada di kisaran 400 ribuan, memiliki switch outemu dengan beberapa pilihan yaitu: outemu blue, red, dan black.

Experience unboxing-nya diawali dari box nya itu sendiri yang terlihat minimalis berwarna putih tanpa gambar keyboard di atasnya, hanya tulisan logo saja. Ketika dibuka, tampak keyboard-nya dibungkus plastik, sudah gitu saja.

Kelebihan keyboard ini apa saja sih?

  1. Desainnya minimalis 60% jadi tidak akan menuh-menuhin setup game kalian. Tidak rame seperti keyboard gaming pada umumnya.
  2. Finishing case-nya warna putih dove dan ada sedikit glossy-nya, di bagian bawah sudah ada rubber nya di empat sisi tetapi tidak ada kaki pendinginnya. Keyboard 60% lain biasanya bagian bawah hanya kotak gitu saja, tetapi yang ini beda, masih ada pemanisnya dan sekaligus fungsional juga.
  3. Port pada bagian kiri adalah port type C sehingga kemungkinan akan muat dikasih custom case. Kenapa? Karena bentukan yang beredar pada umumnya juga port USB nya berada di sebelah kiri.

Lalu jika ada hal yang masih kurang, apa saja itu?

  1. Key caps nya standar saja berbahan ABS yang berwarna merah, putih, dan orange. Tetapi font nya kurang menarik karena menggunakan font gaming sejuta umat, belum dibuat font yang lebih minimalis agar lebih cocok dengan desainnya itu sendiri yang minimalis.
  2. Pada bagian WASD terdapat shortcut arrow. Biasanya arrow akan disediakan terpisah, tetapi mungkin karena WASD sering digunakan untuk gaming, jadi sekalian disertakan arrow-nya juga disitu.

Selanjutnya mari kita masuk ke review mouse Digital Alliance Air, yang entah kenapa diberi nama yang cukup mirip dengan kompetitornya. Tetapi bedanya, Air disini berarti wireless sehingga ini adalah bisa dibilang mouse gaming wireless-nya Digital Alliance.

Untuk harga mouse cukup terjangkau di bawah 300 ribuan. Experience unboxing-nya ketika box paling luar dibuka, muncul gimmick bertuliskan “Enjoy being a pro” yang bisa memberikan efek pleasing bagi pengguna. Jika dibuka, tampak mouse-nya yang berwarna putih ditutup plastik bening.

Bentuk mouse ini adalah ergonomis tangan kanan, pada bodinya tidak ada detail yang macem-macem. Grip nya nyaman dan tidak licin walaupun ada rubber di bagian sampingnya.

Untuk warnanya adalah putih matte, tetapi agak berbeda tone bagian punggung dan bagian sampingnya. RGB nya sudah ada di beberapa titik, di bagian logo, underglow, dan di bagian scroll wheel-nya.

Pada mouse ada 6 tombol yang bisa di custom menggunakan software bawaan. Sayangnya, software tersebut kurang user friendly.

Untuk port sudah menggunakan type C untuk mode pengecahan atau mode kabel normal. Daya tahan baterainya cukup awet, pengalaman menggunakan selama 4 hari dan belum di-charge lagi.

Kelebihan yang cukup menarik adalah mouse ini memiliki mode battery saver. Mode tersebut akan aktif ketika mouse tidak digunakan selama beberapa menit, bila itu terjadi maka mouse otomatis akan auto sleep.

Di bagian switch ada 3 mode: mode mati atau mode kabel yang bisa sambil mengecas juga, mode kedua menyalakan mouse tetapi mematikan lighting di bawahnya, dan yang terakhir full RGB yang sayangnya akan membuat baterai cepat habis. Jadi, tinggal pilih saja mau keren tapi agak boros atau mau simpel dan hemat baterai.

By Ralline