Peran PBG dan SLF Dalam Mengoptimalkan Keberlangsungan Bangunan

Bangunan merupakan tempat tinggal yang dihuni oleh berbagai orang, baik untuk sementara maupun dalam jangka waktu yang lama. Dengan demikian, pengaturan keberlangsungan bangunan menjadi krusial, karena hal ini tidak hanya memengaruhi keberlangsungan bangunan itu sendiri, tetapi juga berdampak pada keberlangsungan hidup manusia yang menghuninya.

PBG: Persetujuan Bangunan Gedung

PBG atau Persetujuan Bangunan Gedung merupakan izin yang diberikan kepada pemilik bangunan untuk melakukan berbagai kegiatan terkait bangunan tersebut, mulai dari pembangunan baru, perubahan, perluasan, hingga pemeliharaan. Semua tindakan tersebut harus mematuhi standar teknis yang telah ditetapkan. PBG diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 16, Pasal 1 No. 17 Tahun 2021.

Fungsi dan Klasifikasi Bangunan Gedung

Bangunan gedung memiliki beragam fungsi, antara lain sebagai hunian, tempat keagamaan, tempat usaha, tempat sosial-budaya, dan fungsi khusus lainnya. PBG bertujuan untuk mencegah dampak negatif terhadap pengguna dan lingkungan sekitar. Untuk memeriksanya, standar teknis harus dipenuhi sebelum proses konstruksi dilakukan.

PBG Perubahan dan SLF

Jika terjadi perubahan fungsi bangunan, diperlukan PBG Perubahan. Bagi bangunan yang telah berdiri tanpa PBG, pemilik harus mengurus SLF terlebih dahulu sebelum memperoleh PBG. SLF, atau Sertifikat Laik Fungsi, adalah sertifikat yang diterbitkan oleh pemerintah daerah (atau pemerintah pusat untuk bangunan khusus) sebelum bangunan dapat digunakan.

Manfaat PBG dan SLF

Pentingnya memiliki SLF terletak pada keamanan dan keabsahan bangunan. Tanpa SLF, pengembang tidak dapat melakukan proses penyerahan hak milik kepada pembeli atau melakukan transaksi lainnya yang melibatkan bangunan. Manfaat lain dari PBG dan SLF termasuk meningkatkan PAD dari PBB, meningkatkan nilai bangunan gedung, dan mendorong investasi di daerah.

Perbedaan Antara PBG dan SLF

Secara sederhana, PBG diperlukan sebelum pembangunan dimulai, sementara SLF diberikan setelah pembangunan selesai dan telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Kesimpulan

PBG dan SLF merupakan instrumen penting dalam mengatur keberlangsungan bangunan gedung. Melalui penerapan PBG dan SLF yang tepat, kita dapat memastikan bahwa bangunan tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional, tetapi juga aman dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dengan demikian, keberlangsungan hidup manusia yang menghuni bangunan dapat terjamin dengan baik. Rafles Consultant adalah penyedia layanan PBG dan SLF yang sangat direkomendasikan untuk keperluan Anda.